Pages

Subscribe:

Info Perpustakaan SMEKDELS

Buku adalah Jendela Dunia, perbanyaklah membaca Buku di Perpustakaan SMK N 8 Surabaya.

Rabu, 25 Januari 2012

SINOPSIS BUKU TERBARU 2012 : MEMBANGUN KARAKTER DENGAN HATI NURANI


SINOPSIS BUKU

MEMBANGUN KARAKTER DENGAN HATI NURANI

Penulis : Akh. Muwafik Saleh


Tidaklah aku diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlaq manusia, demikian sabda Nabi Muhammad saw. Baik buruknya sebuah bangsa dipengaruhi pada bangunan karakter generasinya. Karakter yang kuat akan menjadikan sebuah bangsa menjadi kuat pula. Karena dengan karakter, kita dapat memberikan ruh pada setiap aktifitas yang dilakukan oleh siapapun saja baik keluarga, lembaga pendidikan, organisasi hingga bangsa ini termasuk dalam memberikan arah perjalanan bangsa ke depan. Dengan karakter yang positif dapat mengurangi berbagai perilaku destruktif generasi muda, memberikan arah bagaimana mereka merengkuh masa depan. Dengan karakter positif yang kuat dapat membentengi generasi dan pelaksana negeri ini dari tindakan-tindakan yang dapat merendahkan martabat bangsa seperti korupsi, dan perilaku manipulatif lainnya.

Karakter memberikan gambaran tentang suatu bangsa, sebagai penanda, penciri sekaligus pembeda suatu bangsa dengan bangsa lainnya. Karakter memberikan arahan tentang bagaimana bangsa itu menapaki dan melewati suatu jaman dan mengantarkannya pada suatu derajat tertentu. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter yang mampu membangun sebuah peradaban besar yang kemudian mempengaruhi perkembangan dunia. Demikianlah yang pernah terjadi dalam sebuah perjalanan sejarah.

Membangun karakter bangsa menjadi tanggung jawab bersama semua pihak dan komponen dari bangsa ini untuk ikut terlibat menyingsingkan baju membangun karakter yang kuat dan khas. Semua potensi bangsa haruslah bangkit dan bersatu padu untuk melakukan sebuah gerakan dan tindakan dalam membangun karakter bangsa agar negeri ini bangkit dan meraih cita-cita besarnya sehingga mampu sejajar dengan bangsa-bangsa besar lain di dunia dan mampu memberikan kontribusi bahkan menjadi pusat peradaban. Semua itu itu tentu haruslah bermula dari semangat, visi dan keteladanan yang dimunculkan dalam diri para pemimpinnya, demikianlah yang pernah dialami oleh negara-negara besar lainnya. Sehingga semua lini kehidupan harus bergerak secara terpadu melakukan sebuah revolusi mental dalam membangun karakter bangsa mulai dari yang unsur paling terkecil dalam struktur masyarakat, yaitu keluarga, kemudian lembaga pendidikan, lingkungan sosial masyarakat melalui pemimpin-pemimpin sosial seperti tokoh masyarakat, pemimpin RT/RW, pemimpin lokal (Kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten), pemimpin tingkat regional, gubernur hingga pemimpin tingkat nasional, presiden. Semua harus bergerak bersama, bersatupadu dalam sebuah irama yang sama untuk membangun karakter bangsa dengan nilai-nilai luhur yang dipahami bersama.

Dalam buku tersebut diperkenalkan beberapa konsep pembentukan karakter, misalnya Konsep The Winner, konsep The Winning Stages Model of Character Building, The Winner Character, The 7 Great Actions, The competences of The 7 Great Actions, Leadership Star Model dll. Semua konsep ini didasarkan pada nilai-nilai agung dan mulia yang di letakkan sebagai pondasi sukses sebagaimana dalam sumber wahyu dengan mengambil inspirasi Quran Surat Al Mukminuun surat yang ke 23 ayat ke 1 hingga 11. Hal ini dipercaya bahwa karakter pribadi akan menjadi sangat kuat apabila disandarkan pada Sang Pemilik Kekuatan Utama. Inilah kemudian yang lebih dikenal dengan sebutan Akhlaq, yaitu suatu sikap yang dibersentuhan langsung dengan nilai-nilai ketuhanan.

Buku Membangun Karakter Dengan Hati Nurani dapat dijadikan panduan bagi setiap individu yang peduli dalam pembentukan sebuah karakter generasi bangsa ini dan menginginkan sukses masa depan serta dapat pula dijadikan rujukan oleh para orang tua, guru dan pimpinan organisasi formal maupun non formal untuk mendidik dan mengantarkannya menjadi generasi yang terbaik khalifah fil ‘ard dan pemimpin masa depan. Menjadi pemimpin adalah sebuah hasil dari proses pembentukan karakter bangsa melalui beragam jalur baik keluarga, pendidikan dan organisasi.

Akhirnya, semoga tulisan buku ini bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi pembentukan dan pembangunan karakter yang kuat untuk generasi bangsa ini sehingga bisa menjadi bangsa yang besar, kuat dan jaya mampu sejajar dengan bangsa-bangsa besar lainnya serta menjadi sebuah negeri yang baldatun thayyibatun warabbun al ghafuur, gemah ripah loh jinawi, bangsa yang memiliki karakter yang kuat serta berperadaban tinggi karena karakter dan akhlaq generasinya. Buku ini layak dibaca dan juga perlu dilatihkan bagi generasi dan dipraktekkan dalam kehidupan nyata. Selamat membaca dan semoga mampu menjadi The Winner, INILAH SAATNYA !

0 komentar:

Poskan Komentar