Pages

Subscribe:

Info Perpustakaan SMEKDELS

Buku adalah Jendela Dunia, perbanyaklah membaca Buku di Perpustakaan SMK N 8 Surabaya.

Rabu, 25 Januari 2012

Manfaat Membaca Buku Bagi Anak



Buku adalah jendela ilmu. Begitu yang sering kita dengar. Namun seiring bertambahnya waktu, kebiasaan membaca kita semakin tergerus dengan adanya teknologi multimedia yang semakin berkembang. Di kalangan anak-anak pun, teknologi canggih seperti play station, Xbox, smartphone, tablet, aneka gadget canggih dan tayangan-tayangan televisi sudah semakin merajai keseharian mereka. Membaca buku sudah bukan menjadi prioritas lagi bagi anak-anak.



Padahal, membaca adalah salah satu ketrampilan hidup yang sangat penting. Budaya ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan semua aspek kecerdasan, tidak hanya berbicara dan membaca. Karenanya, mengenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap buku kepada anak perlu dilakukan sejak dini. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

Budaya membaca bisa mendorong kreativitas, daya imajinasi, kemampuan bahasa serta memperluas pengetahuannya. Jika si kecil belum bisa membaca, Anda-lah yang bertugas melakukannya.

Bagi anak yang sudah memasuki masa sekolah, manfaat membaca buku akan berguna untuk menumbuhkan minat bacanya, asalkan Anda melibatkan sang anak dalam proses membaca tersebut secara aktif. Di samping itu, membaca juga akan menumbuhkan rasa ingin tahu, mengembangkan daya imajinasi serta meningkatkan kreativitas sang anak, selain juga akan membantu mereka memahami tata bahasa dan struktur kalimat yang benar. Hal-hal tersebut akan sangat membantu mereka dalam masalah akademis di sekolah nantinya.

Sementara dalam pergaulan, manfaat membaca buku akan membantu anak Anda untuk belajar mengekspresikan dirinya secara jelas dan penuh percaya diri. Selain itu mereka juga akan siap dalam menghadapi kehidupan nyata serta belajar untuk menyikapi situasi atau lingkungan baru yang asing bagi mereka.

Tak kalah pentingnya, sebuah data statistik di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak yang pintar di sekolah serta seorang pembaca yang baik, ternyata memiliki orangtua yang rajin membacakan buku pada mereka. Jadi tunggu apa lagi? Bagitu banyak manfaat membaca buku bagi anak Anda mulai sejak dini.

(referensi: melindahospital.com)

0 komentar:

Posting Komentar